Minggu, 18 September 2011

TIPS AMAN MENGGANTI PELEK

Dalam dunia pelek dan ban ada istilah "plus sizing" . Ini adalah praktek mengganti pelek dan ban standar dengan ukuran diameter yang lebih besar.
Tujuan penggantian ini utamanya untuk meningkatkan tampilan dan performa mobil. Pelek dan ban berdiameter ban lebih besar dengan profil ban lebih tipis menghasilkan handling,stabilitas,dan respons setir lebih stabil. Secara visual mobil pun terlihat lebih keren dengan pelek besar ban tipis.
Paling aman bisa pakai teknik plus one dan plus two yg berarti menaikan diameter pelek ban 1 inchi dan 2 inchi dari standarnya. Jika ukuran pelek dan ban standarnya 15 inchi maka "plus one" diubah jadi 16inchi,sedangkan "plus two" mnjadi 17inchi.
Aturan di eropa mengizinkan mobil maksimum menaikan diameter rodanya sebesar 2inchi
Alasannya terutama menyangkut safety,agar ban tidak mentok sokbreker dan sepatbor,kerja rem tetap optimal dan outside diameter atau tinggi ban tetap sama.
Ketika langkah "plus two" ini diambil,anda mesti jeli dlm memilih ban yg tepat. Fokusnya agar. Oustside diameter atau tinggi ban tidak berubah.karena diameternya naik otomatis kita memakai ban lebih lebar dan aspect ratio lebih kecil untuk mendapatkan Load index yg sesuai dan mempertahankan tinggi ban asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar